Langsung ke konten utama

Cara Membuat Tujuan dan Manfaat Membuat Tujuan

+Strategi cara dan metode membuat atau menentukan tujuan, +Manfaat atau Fungsi tujuan dalam mencapai sukses
Pada artikel-artikel sebelumnya, Khususnya pada artikel yang membahas tentang marketing dan penjualan, Disitu sering disebutkan kata Tujuan, Apakah tujuan itu penting dalam pencapaian sukses?.

Jika ada yang bertanya, Apakah sukses harus diawali dengan membuat atau menentukan tujuan?, Jawabannya adalah tidak. Karena tidak jarang kita mendengar berita ada orang sukses tanpa harus membuat atau menentukan tujuan terlebih dahulu.

Namun tidak sedikit orang sukses sering menganjurkan untuk membuat dan menentukan tujuan, Karena tujuan sangat bermanfaat dan membantu kita untuk meraih sukses. Membuat dan menentukan tujuan bukanlah suatu keharusan, Tapi penetapan tujuan akan sangat bermanfaat dalam proses mencapai kesuksesan. Lalu apa saja manfaat dari membuat tujuan?, Mungkin ini akan menjadi pertanyaan bagi sebagian orang.

Berikut adalah manfaat dari dibuatnya tujuan;
  1. Manfaat membuat tujuan adalah untuk memberikan kejelasan, Karena dengan menetapkan tujuan, Apalagi dibuat dalam sebuah agenda yang tertulis, Akan memberikan kejelasan arah mana kita akan melangkah untuk ditempuh.
  2. Manfaat membuat tujuan adalah sebagai titik awal membuat rencana, Dilihat dari manfaat membuat tujuan yang pertama diatas, Yaitu kejelasan, Dan kejelasan ini akan sangat berguna dalam membuat rencana. Sehingga akan lebih memudahkan dalam pencapai sukses.
Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, Apakah semua tujuan bisa memberikan kejelasan?, Tentu jawabannya tidak. Karena tidak sedikit orang atau instansi yang membuat tujuan namun tidak dapat memberikan kejelasan. Jadi disini bisa diambil kesimpulan bahwa pada saat membuat tujuan kurang atau tidak tepat. 

Lalu bagaimana cara membuat tujuan?, Sebetulnya banyak cara, Dan salah satunya adalah yang saya tuliskan pada artikel ini.

Cara atau metode membuat tujuan adalah sebagai berikut:
  1. Tujuan harus jelas, Pertanyaan sederhana mungkin akan bisa membantu kita dalam memahaminya, Misal kita ingin mendapatkan omset penjualan yang banyak, Pertanyaannya adalah banyak itu berapa?, Inilah yang harus jelas.
  2. Bisa diukur, Omset besar pasti ada jumlah nominalnya, Misal dua miliar atau tiga ratus juta?.
  3. Tujuan harus bisa dicapai dengan usaha kita sendiri dan jangan mengandalkan orang lain, Misala sales lapangan mengandalkan Kabag penjualan.
  4. Tujuan harus realistis, Dimana tujuan akan bisa dicapai secara akal atau nalar oleh manusia. Walaupun demikian, Bukan berarti kita harus memilih yang mudah untuk dicapai oleh pembuat tujuan.
  5. Tujuan harus mempunyai kerangka waktu, Yaitu bahwa tujuan mempunyai rencana pencapaian pada waktu tertentu, Atau perlu pencapaian tujuan jangka pendek sebelum mencapai tujuan akhir.
Yang perlu diperhatikan adalah, Bahwa tujuan akan berhubungan erat dengan strategi atau cara dalam mencapai tujuan tersebut. Karena tujuan yang jelas akan menjadi dasar dalam menentukan strategi. Apa itu strategi?, Saudara bisa kunjungi rtikel dibawah ini.


Selain sebagai dasar dalam menentukan strategi yang akan ditempuh, Membuat tujuan yang baik juga akan berguna dalam membuat sitemnya, Karena sistem merupakan urutan kerja yang tertata rapi. Apa itu sistem?, Saudara bisa kunjungi artikel dibawah ini.


Demikian tadi artikel tentang cara atau metode dalam membuat atau menentukan tujuan yang akan dicapai oleh perseorangan maupun instansi, Semoga bermanfaat. 

Postingan populer dari blog ini

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. Pemb

Pengertian Sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer

Dalam dunia fashion dan Busana, Kita sering mendengar istilah sweater, Cardigan, Rompi, Bolero dan Blazer. Karena beberapa istilah dari busana diatas merupakan sesuatu yang sangat umum dimasyarakat. Cardigan, Blazer dan bolero merupakan bagian berbusana yang diperkirakan akan mampu memberikan warna tersendiri untuk trend baju 2015. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa baju wanita dengan sentuhan atau kombinasi blazer, Bolero dan cardigan akan berpeluang menjadi trend baju wanita 2015. Walaupun kita sering mendengar sebutan pakaian diatas, Yaitu cardigan, Blazer, Bolero, Rompi dan sweater, Namun tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengerti apa itu cardigan, Blazer, Rompi, Bolero dan sweater. Berikut adalah pengertiannya; Sweater  Pengertian sweater atau juga sering disebut pullover, Jumper, Jersey adalah bagian dari pakaian yang difungsikan untuk menutup badan dan lengan, Dan umumnya menggunakan bahan yang cenderung berat serta bisa menyerap keringat. Car

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m

Contoh Iklan Pinjaman Cepat - Pada Momen Penting

Contoh iklan pinjaman cepat sangat mudah kita temukan diberbagai daerah, Baik itu dalam bentuk iklan banner yang menempel dipohon, Iklan dengan spanduk besar dan masih banyak lagi. Dari semua contoh iklan diatas tujuannya sama, Yaitu menarik perhatian calon nasabah agar melakukan pinjaman pada instansi tersebut.  Untuk saat sekarang, Hampir semua penyedia dana memberikan kemudahan dalam penyaluran dana yang dikelola. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dibidang perkreditan. Timbulnya persaingan itu terjadi karena semakin banyaknya lembaga kredit didaerah-daerah. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, Tidak salah jika beberapa lembaga kredit yang ada didaerah memberikan kemudahan kepada calon nasabahnya. Kemudahan itu bisa kita lihat dari beberapa hal. Diantaranya jaminan dan proses pencairan kredit.  Untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait kemudahan kredit diatas, Lembaga kredit didaerah melakukan iklan promosi secara gencar dibeberapa tempat.