Langsung ke konten utama

Cara Membangun Saluran Distribusi Barang Yang Baik

menciptakan kekuatan pada keagenan busana muslim, bagaimana agar agen kuat, membuat keagenan busana muslim
Sekarang ini sudah banyak bermunculan merek produk busana muslim dan jilbab Yang melakukan penjualan barang dengan sistem kagenan, hal ini dilakukan karena saluran distribusi sistem keagenan bisa menekan biaya penjualan.

Untuk mengenal saluran distribusi sistem keagenan Saudara bsa baca pada artikel dibawah ini;

*   Saluran distribusi sistem keagenan 

Namun tidak banyak Pemilik produk atau merek mempunyai kekuatan yang optimal dalam menjalankan usahanya ini. Kenapa ini terjadi?, Salah satu penyebabnya adalah pemilik

merek produk cenderung fokus pada penggarapan Agen dengan level paling tinggi, Apalagi jika didukung dengan kekuatan produk yang memadai. Apakah hal ini salah?, Tentu saja tidak, Karena dengan cara ini akan tercipta omset tinggi dengan biaya penjualan relatif rendah. Namun dengan cara ini pemilik merek produk kurang memiliki kekuatan yang optimal. 

Apa yang dimaksud kekuatan disini?, Kekuatan disini adalah kekuatan dari pemilik merek produk dalam menerapkan kebijaksanaan terhadap agen pada level yang lebih rendah. Misal kebijaksanaan diskon kepada agen pada level yang lebih rendah, Belum tentu Agen pada level paling atas atau agen yang langsung berhubungan dengan pemilik merek produk mau menjalankan, Karena kebijakan baru belum tentu sesuai dengan kebijakan yang selama ini sudah dijalankan agen level atas. Dan jika pemilik merek tetap memaksakan kebijakannya, besar kemungkinan agen level atas akan mengurangi usahanya dalam memasarkan produk dari pemilik merek dan akan mulai melirik produk lain, atau yang lebih parah agen level atas ini akan mundur dari kerjasama dalam menjual produk dari pemilik merek. Jika hal ini sampai terjadi, Belum tentu Pemilik merek bisa mendapatkan agen dengan kualifikasi agen level atas dengan cepat, apalagi jika produk tidak mempunyai daya saing kuat dipasaran.

Lalu bagaimana cara menciptakan kekuatan yang optimal?
Selain menciptakan produk yang mempunyai kekuatan daya saing dipasaran, Ada lagi usaha yang harus dilakukan pemilik merek. Selain fokus penggarapan keagen level atas, Pemilik produk juga harus terjun keagen- agen dibawah, Dengan tujuan:

  1. Membina hubungan baik dengan agen- agen bawah serta melakukan penilaian terhadap agen bawah, Dengan hal ini pemilik bisa menentukan agen mana yang memenuhi kriteria dan sinyal minat agen bawah untuk menjadi agen atas. Jadi jika sewaktu- waktu agen atas pada area tersebut mundur dari kerjasama keagenan, Pemilik tidak susah untuk mendapatkan gantinya.
  2. Menggali informasi pasar yang relevan dari agen bawah sebagai masukan kepada agen atas. Informasi pasar bisa meliputi Tren mode yang laku, Tren warna yang laku, Size produk yang laku, Bahan produk yang laku dll. Dengan hal ini pemilik produk bisa menentukan kebutuhan produk dari agen level atas tentang produk apa yang harus diorder. Kalau hal ini berjalan dengan sempurna, arus barang dari pemilik produk keagen level atas bisa ditentukan pemilik pemilik produk, Dan dalam jangka panjang tidak menutup kemungkinan agen level atas akan selalu menunggu informsi pasar yang sudah dikumpulkan pemilik serta kiriman produk apa yang akan dikirim pemilik produk. Hal ini akan tercapai jika pemilik produk bisa memberikan pengalaman bagus tentang penjualan berdasarkan informasinya.
Kedua usaha diatas bisa dilakukan pada saat awal pembentukan jaringan keagenan atau pada saat jaringan keagenan sudah terbentuk, Namun dari kedua pilihan diatas tentunya ada kekurangan dan kelibihannya. Dan jaringan keagenan perlu dibangun agar mempunyai kekuatan.

Bagaimana membangun kekuatan slauran distribusi keagenan?, Saudara bisa baca pada artikel dibawah ini;

*   Membangun kekuatan keagenan

Postingan populer dari blog ini

Analisa Strategi Promosi Koperasi Simpan Pinjam Yang Menawarkan 5 Menit Cair

Strategi promosi koperasi simpan pinjam merupakan garis arah atau cara untuk bertindak guna mencapai tujuan promosi yang telah ditetapkan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada, Diharapkan strategi yang dijalankan koperasi simpan pinjam bisa tercapai dengan optimal. Saat sedang jalan atau duduk disuatu tempat, Mungkin kita pernah melihat banner promosi koperasi simpan pinjam yang dengan jelas mencantumkan kalimat promosi " Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan" . Atau juga ada yang dengan menyebutkan " Dengan jaminan BPKB ". Selain kekuatan diatas, Tidak sedikit koperasi simpan pinjam menggunakan kalimat " 5 Menit cair ". dalam banner promosinya. Beberapa kalimat promosi tersebutmerupakan kekuatan dalam menjalankan strategi promosi koperasi simpan pinjam.  Dalam promosi, Menyampaikan kekuatan yang dimiliki adalah wajib. Karena ini merupakan daya tarik bagi calon...

Contoh Kata-Kata Promosi Penjualan Motor Yang Ampuh Memikat

Kata-kata promosi yang memikat memang sangat dibutuhkan, Karena dengan kata-kata promosi yang memikat peluang untuk membuka penjualan akan lebih besar. Dalam membuat kata-kata atau kalimat promosi tidak harus dengan kalimat panjang, Karena tidak sedikit kata-kata promosi pendek justru akan bisa memberikan daya pikat yang luar biasa kepada calon pembeli. Walaupun demikian, Sebetulnya daya pikat dari kalimat promosi tidak tergantung dari panjang dan pendeknya kalimat yang dibuat, Namun terletak pada makna atau isi dari kata atau kalimat promosi yang dibuat.  Dan pada artikel ini, Go Klaten Jualan Go akan memberikan contoh kata atau kalimat promosi dari penjualan motor secara kredit. Iklan atau promosi ini bukan ide saya, Namun promosi ini saya dapatkan dan saya lihat dijalan saat melakukan perjalan kerja di Jawa Timur. Menurut saya kata-kata promosi penjualan motor secara kredit ini sangat menarik, Seperti apa kata-kata promosi tersebut?. Kalimat promosi kredit mo...

Arti dan Perbedaan Baju Dres, Blus dan Kemeja

Istilah Baju Dres, Kemeja atau blus mungkin sudah tidak asing lagi didunia fashion, Apalagi bagi kita yang sering berhubungan dengan baju, Pakaian atau busana. Karena istilah diatas merupakan kata-kata untuk menyebut kategori pakaian. Walaupun sering mendengar istilah diatas didunia fashion, Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu blus, Baju Dres dan kemeja. Hal ini terjadi karena kita sering menggunakan istilah umumnya, Yaitu baju, Pakaian atau busana. Apa arti Baju  Dress, Blus dan kemeja? Pengertian Baju Dres Baju Dres adalah Baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan ( rok ) yang menyatu. Jadi bukan berdiri sendiri yang terdiri dari satu atasan dan satu bawahan ( Rok ). Dan pada dasarnya Baju dres merupakan baju ( Atasan ) dan rok yang menjadi satu kesatuan atau tidak berdiri sendiri-sendiri. Dari segi ukuran panjang, Dress terdiri dari mini dress/short dres, Midi dress dan long dress. Untuk dres muslim ( Baju muslim ) ada tunic. ...

Kalimat Promosi Jual hp Second atau Handphone Bekas Yang Trend

Promosi merupakan salah satu roh dari martketing dalam usaha menginformasikan suatu produk. Karena dengan promosi orang atau calon konsumen akan menjadi tahu tentang produk atau usaha kita. Bagaimana dengan Jual handphone atau jual hp bekas?. Handphone juga merupakan produk, Jadi juga tidak akan lepas dari yang namanya promosi. Banyak cara telah dilakukan oleh orang yang jual hp second atau handphone bekas dalam mengkampanyekan produk yang dijual. Salah satunya dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan ini ditempatkan pada media banner yang dipajang didepan toko handphone, Selain itu, Bisanya banner dibuat dalam warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat depan toko hp tersebut. Selain warna banner yang mencolok, Biasanya kalimatnya juga sangat menarik dan menggugah orang yang lewat. Sebetulnya banyak kata-kata atau kalimat yang sering kita jumpai dalam promosi jual hp second atau handphone Bekas. Berikut beberapa kata promosi atau k...

Definisi Fashion Bold Atau Bold Fashion

Ada banyak fashion yang kita kenal selama ini, Salah satunya fashion bold. Untuk kalangan masyarakat tertentu, Fashion bold merupakan salah satu hal untuk mengekspresikan keinginan diri. Selain itu, Fashion bold akan mampu membuat orang lebih menonjol secara visual dibanding orang lain. Karena fashion bold merupakan fashion dengan karakter dasar yang berani dan menarik perhatian orang. Lalu apa fashion bold itu?, Berikut pengertian fashion Bold secara umum. Fashion bold adalah Perpaduan style atau gaya dengan mode yang berani serta mampu menarik perhatian orang lain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat namun tetap mampu memberi rasa nyaman dan menarik bagi pemakaianya. Berani dalam pengertian diatas bisa diartikan berani tampil beda dari yang lain, Bahkan bisa diartikan berani keluar dari fashion yang umum atau keluar dari trend. Selain berani dalam artian diatas, Berani juga bisa diartikan yang lain. Misal berani m...